PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI DAN HASIL BELAJAR LARUTAN PENYANGGA PADA SISWA KELAS XI MAN

Badlisyah, Teuku (2013) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI DAN HASIL BELAJAR LARUTAN PENYANGGA PADA SISWA KELAS XI MAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116142021 Judul.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116142021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116142021 Abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116142021 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116142021 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116142021 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116142021 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116142021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116142021 Daftar Istilah.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116142021 Daftar Simbol.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116142021 Bab I.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8116142021 Bab V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8116142021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penerapan M3PK dan Cooperative Learning tipe STAD terhadap sikap toleransi siswa. (2) Pengaruh penerapan M3PK dan Cooperative Learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. (3) Pengaruh multimedia berbasis komputer dan media benda riil terhadap sikap toleransi siswa. (4) Pengaruh multimedia berbasis komputer dan media benda riil terhadap hasil belajar siswa. (5) Interaksi antara M3PK dan Cooperative Learning tipe STAD dengan multimedia berbasis komputer dan media benda riil terhadap sikap toleransi siswa. (6) Interaksi antara M3PK dan Cooperative Learning tipe STAD dengan multimedia berbasis komputer dan media benda riil terhadap hasil belajar siswa. (7) Model pembelajaran yang paling optimal untuk meningkatkan sikap toleransi siswa. (8) Model pembelajaran yang paling optimal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah yang ada dalam Kota Banda Aceh semester genap Tahun Pelajaran 2012/2013, dan sampel berjumlah 115 orang berasal dari 2 kelas eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh, dan 2 kelas eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banda Aceh. Kelas eksperimen 1 diajarkan dengan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) berbasis multimedia komputer. Kelas eksperimen 1 diajarkan dengan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) menggunakan media benda riil. Kelas eksperimen 3 diajarkan dengan Cooperative Learning Tipe STAD berbasis multimedia komputer. Kelas eksperimen 4 diajarkan dengan Cooperative Learning Tipe STAD menggunakan media benda riil. Data penelitian yang dikumpulkan dari sampel adalah data sikap toleransi siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dari instrumen tes hasil belajar berupa pilihan berganda. Telah dilakukan persyaratan data berupa uji normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis diuji dengan Two Way Anova pada taraf signifikan 0,05 dengan menggunakan program SPSS 19.00 for Windows. Berdasarkan análisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap sikap toleransi siswa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari multimedia pembelajaran terhadap sikap toleransi siswa. (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (5) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan multimedia pembelajaran terhadap sikap toleransi siswa. (6) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (7) Model pembelajaran yang yang paling optimal dalam meningkatkan sikap toleransi siswa adalah model pembelajaran M3PK yang diintegrasikan dengan penggunaan media benda riil didalam proses belajar mengajar. (8) Model pembelajaran yang yang paling optimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran M3PK yang diintegrasikan dengan penggunaan media benda riil didalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Simson196002231983061005
Thesis advisorSuharta, 195909121989031004
Call Number: 540.071 Bad p
Keywords: Pendidikan karakter; Media pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Larutan penyangga; Multimedia; Komputer
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4112

Actions (login required)

View Item View Item