PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Syarah, Fatmah (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106171024 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106171024 Judul.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106171024 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106171024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106171024 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106171024 Abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106171024 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106171024 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106171024 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106171024 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106171024 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106171024 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106171024 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106171024 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106171024 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106171024 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106171024 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106171024 Bab I.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106171024 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106171024 Bab V.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106171024 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106171024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan spasial siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional, (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional, (3) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan spasial, (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (5) Bagaimana proses penyelesaian masalah siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 13 Medan tahun pelajaran 2012/ 2013. Secara acak dipilih siswa kelas VIII SMPN 13 Medan sebagai subjek penelitian yaitu kelas VIII-1 dan kelas VIII-2. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah : tes kemampuan spasial dan tes kemampuan komunikasi matembhnmatika dinyatakan telah memenuhi syarat validatas dan reliabilitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai thitung (7.67)>ttabel=2.023 artinya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan spasial matematika siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional (2)nilai thitung(2.11)>ttabel= 2.023 artinya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan spasial, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (5) proses penyelesaian masalah siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan sbb: kepada guru, peneliti hendaknya meninjau terlebih dahulu model pembelajaran yang digunakan, materi pelajaran, media, LAS sebelum memulai pembelajaran. Pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika yang menekankan kepada kemampuan spasial dan kemampuan komunikasi siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif khususnya dalam mengajarkan materi geometri bangun ruang di kelas VIII.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516.071 Sya p
Keywords: Geometri; Kemampuan spasial; Komunikasi matematik; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Apr 2016 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4086

Actions (login required)

View Item
View Item