PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBANTUAN APLIKASI VIRTUAL MANIPULATIVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY SISWA

, NURHASANAH (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBANTUAN APLIKASI VIRTUAL MANIPULATIVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8156171019 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text
2. NIM. 8156171019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text
3. NIM. 8156171019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text
4. NIM. 8156171019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text
5. NIM. 8156171019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (15kB)
[img] Text
6. NIM. 8156171019 TABLES.pdf - Published Version

Download (11kB)
[img] Text
7. NIM. 8156171019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (5kB)
[img] Text
8. NIM. 8156171019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text
12. NIM. 8156171019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text
13. NIM. 8156171019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Open-ended berbantuan aplikasi Virtual manipulative yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy siswa. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Open-ended berbantuan aplikasi Virtual manipulative yang dikembangkan. 3) Untuk mengetahui peningkatan self efficacy siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Open-ended berbantuan aplikasi Virtual manipulative yang dikembangkan.. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang dilakukan dalam sepuluh tahap. Perangkat Pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: Buku Siswa (BS) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Open-ended berbantuan aplikasi Virtual manipulative yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah 4 siswa (12,5%) mengalami peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan kategori “Tinggi”, 17 siswa (53,13%) mengalami peningkatan dengan kategori “Sedang” dan 11 siswa (34,38%) mengalami peningkatan dengan kategori “Rendah”. Peningkatan aspek elaborasi dan originality yang termasuk dalam kategori rendah pada uji coba I berhasil di tingkatkan menjadi kategori “Sedang” pada uji coba II sehingga keempat aspek kemampuan berpikir kreatif termasuk dalam kategori sedang. 3)Peningkatan self efficacy siswa adalah 2 siswa (6,25%) mengalami peningkatan dengan kategori “Tinggi”, 16 siswa (50,00%) mengalami peningkatan dengan kategori “Sedang” dan 14 siswa (43,75%) mengalami peningkatan dengan kategori “Rendah”. Peningkatan indikator level yang termasuk dalam kategori rendah pada uji coba I berhasil ditingkatkan pada uji coba II sehingga keempat indikator tersebut termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Mukhtarnidn0010065709
Thesis advisorFauzi, Muhammad Aminnidn0029066404
Call Number: 510.072 Nur p
Keywords: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN; MODEL DICK AND CAREY; OPEN-ENDED; VIRTUAL MANIPULATIVE; KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF; SELF EFFICACY
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Nov 2020 15:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40776

Actions (login required)

View Item View Item