PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 BINJAI

RAHMADANI S, DINI (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8156172059 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text
2. NIM. 8156172059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (814kB)
[img] Text
3. NIM. 8156172059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text
4. NIM. 8156172059 PREFACE.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text
5. NIM. 8156172059 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text
6. NIM. 8156172059 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text
7. NIM. 8156172059 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text
8. NIM. 8156172059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (769kB)
[img] Text
12. NIM. 8156172059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text
13. NIM. 8156172059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (474kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif; (2) peningkatan kemampuan metakognisi siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; dan (3) peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah ini menggunakan model 4-D. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku siswa, buku guru, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, tes kemampuan metakognisi, dan angket kemandirian belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Binjai. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) perangkat pembelajaran berbasis masalah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; (2) peningkatan kemampuan metakognisi siswa yang diperoleh dari nilai n-gain dengan kriteria sedang; dan (3) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diperoleh dari nilai n-gain dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiagian, Pargaulannidn0019105401
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvisnidn0025126308
Call Number: 510.072 Rah p
Keywords: PERANGKAT PEMBELAJARAN; MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH; MODEL PENGEMBANGAN 4-D; KEMAMPUAN METAKOGNISI; KEMANDIRIAN BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Nov 2020 16:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40747

Actions (login required)

View Item View Item