KORELASI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA DI SMA

Siregar, Widia Arta (2019) KORELASI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM.4152131018 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM.4152131018 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 4152131018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 4152131018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM. 4152131018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM. 4152131018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM. 4152131018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM. 4152131018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM. 4152131018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM. 4152131018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM. 4152131018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM. 4152131018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM. 4152131018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM. 4152131018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 4152131018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 4152131018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang linear dan signifikan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar kimia siswa; keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kimia siswa; keterampilan proses sains dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Medan yang terdiri dari2 kelas. Sampel penelitian adalah satu kelas yang diambil dengan teknik purposive. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitas sebesar 0,817 untuk data hasil belajar kimia. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang linear dan signifikan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar kimia dengan nilai korelasi sebesar 0,621 (korelasi tinggi) dan kontribusi keterampilan proses sains sebesar 38,56%. Selain itu terdapat juga hubungan yang linear dan signifikan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar kimia siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,5 (korelasi cukup) dan kontribusi keterampilan metakognitif sebesar 25%. Dan terdapat juga hubungan yang linear dan signifikan antara keterampilan proses sains dan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar kimia siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,809 (korelasi tinggi) dan kontribusi sebesar 65,44%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 036
Keywords: Keterampilan proses sains; Keterampilan metakognitif; Hasil belajar; Titrasi asam basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:39
Last Modified: 14 Sep 2020 07:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40427

Actions (login required)

View Item
View Item