PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENGURANGI PERSENTASE MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HIDROLISIS

Sihite, There Vanny Yolentha (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENGURANGI PERSENTASE MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HIDROLISIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153131037 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153131037 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4153131037 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153131037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153131037 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153131037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153131037 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153131037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153131037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153131037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153131037 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153131037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153131037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153131037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153131037 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153131037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe STAD pada penelitian ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengubah miskonsepsi yang ada pada siswa menjadi konsep yang seutuhnya atau sebenarnya. Analisis miskonsepsi ini sangat diperlukan untuk memperbaiki miskonsepsi siswa menjadi konsep yang utuh. Siswa tidak mungkin dapat mempelajari konsep selanjutnya jika konsep awalnya sudah salah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 8 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian adalah satu kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes diagnostik pilihan berganda tiga tingkat (three-tier test) hidrolisis garam yang telah diuji kevalidannya oleh validator ahli. Berdasarkan hasil tes, pemahaman sampel dikelompokkan menjadi 4 kelompok yaitu, Tahu Konsep (TK), Tidak Tahu Konsep (TTK), Menebak (MB) dan Miskonsepsi (MK). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : (1) Pada konsep jenis hidrolisis garam siswa mengalami miskonsepsi sebesar 50,99% setelah pre-test; 26,05% setelah post-test, (2) Pada konsep sifat asam basa dari garam hidrolisis siswa mengalami misknsepsi sebesar 59,44% setelah pre-test, 38% setelah post-test, (3) Pada konsep pH hidrolisis garam siswa mengalami miskonsepsi sebesar 62,22% setelah pre-test, 38% setelah post-test.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 089
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Miskonsepsi; Three-tier multiple choice; Hidrolisis garam; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Sep 2020 01:57
Last Modified: 14 Sep 2020 01:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40424

Actions (login required)

View Item
View Item