ANALISIS KESULITAN PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERBASIS METAKOGNISI SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

HUTAURUK, ENDANG (2020) ANALISIS KESULITAN PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERBASIS METAKOGNISI SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8166171011 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text
2. NIM. 8166171011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text
3. NIM. 8166171011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text
4. NIM. 8166171011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text
5. NIM. 8166171011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text
6. NIM. 8166171011 TABLES.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text
7. NIM. 8166171011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text
8. NIM. 8166171011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
12. NIM. 8166171011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text
13. NIM. 8166171011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (541kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: (1) tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis berbasis metakognisi siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL); (2) deskripsi proses jawaban kemampuan berpikir kreatif matematis berbasis metakognisi siswa dalam pembelajaran menggunakan model Problem Based Leraning (PBL); (3) kesulitan proses berpikir kreatif matematis berbasis metakognisi siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kulaitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 27 Medan kelas VII-5 yang berjumlah 32 orang. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat 6 siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis kategori tinggi dengan metakognisi tingkat reflective use berjumlah 1 siswa dan metakognisi tingkat strategic use berjumlah 5 siswa; terdapat 12 siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis kategori sedang dengan metakognisi tingkat strategic use berjumlah 10 siswa dan metakognisi tingkat aware use berjumlah 2 siswa; terdapat 14 siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis kategori rendah dengan tingkat metakognisi aware use berjumlah 11 siswa dan metakognisi tingkat tacit use berjumlah 3 siswa; (2) Proses jawaban siswa diamati berdasarkan teori Wallas, maka disimpulkan bahwa: a) siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis tingkat tinggi dengan metakognisi tingkat reflective use dan strategic use dengan proses jawaban yang memenuhi tahapan persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi, b) siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis tingkat sedang dengan metakognisi tingkat strategic use bahwa proses jawaban siswa memenuhi tahapan persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi sedangkan siswa dengan metakognisi tingkat aware use beberapa siswa tidak mencapai tahapan verifikasi, c) siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis tingkat rendah dengan metakognisi tingkat aware use dan tacit use dengan proses jawaban yang tidak memenuhi tahapan iluminasi dan verifikasi; (3) Siswa yang mengalami kesulitan yang dialami oleh siswa tingkat sedang dan rendah yang mencakup pada kesulitan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Bornoknidn0010096506
Thesis advisor, Mulyononidn0031127112
Call Number: 510.072 Hut a
Keywords: PROSES BERPIKIR KREATIF; METAKOGNISI; MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Aug 2020 17:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40029

Actions (login required)

View Item View Item