Siregar, Ana Febrianti (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Esteem Siswa SMP Negeri 24 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166172006 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 8166172006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8166172006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 8166172006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
5. NIM. 8166172006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. NIM. 8166172006 TABLES.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
7. NIM. 8166172006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
8. NIM. 8166172006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
9. NIM. 8166172006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8166172006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM. 8166172006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (757kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-esteem siswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis penemuan terbimbing, 2) menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis penemuan terbimbing, 3) menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis penemuan terbimbing, 4) menganalisis peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis penemuan terbimbing, dan 5) menganalisis peningkatan self-esteem siswa yang belajar dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis penemuan terbimbing memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian ahli; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis penemuan terbimbing memenuhi kriteria praktis, ditinjau dari a) penilaian ahli dan b) hasil observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis penemuan terbimbing memenuhi kriteria efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai pada uji coba II sebesar 91,43% dan tahap penyebaran sebesar 94,29%, b) ketercapaian tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap butir soal, c) waktu pembelajaran yang digunakan tidak melebihi atau sama dengan waktu pembelajaran biasa, dan d) respon siswa positif terhadap perangkat pembelajaran; (4) kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,53 pada kategori sedang; dan (5) self-esteem siswa meningkat dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,49 pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sir p |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran; model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan; Semmel; dan Semmel; pembelajaran berbasis penemuan terbimbing; kemampuan penalaran matematis; self-esteem |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 09:02 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38988 |