Pengembangan LKPD IPA Dengan Orientasi Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Dan Perubahan Materi Di Kelas VII SMP Swasta Muhammadiyah Kota Langsa

, Mauliadi (2020) Pengembangan LKPD IPA Dengan Orientasi Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Dan Perubahan Materi Di Kelas VII SMP Swasta Muhammadiyah Kota Langsa. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 8176182031 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 8176182031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 8176182031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 8176182031KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 8176182031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 8176182031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 8176182031 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 8176182031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 8176182031 BAB I.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 8176182031 BAB V.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 8176182031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar guru mata pelajaran IPA masih menerapkan LKPD yang bersumber dari buku paket yang didistribusikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan yang diperjualbelikan di pasaran. Peneliti berasumsi penggunaan LKPD seperti ini secara tidak langsung tidak melatih cara berpikir kritis kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan serta respon peserta didik mengenai LKPD IPA dengan orientasi inkuiri terbimbing berbasis kontekstual yang telah dikembangkan dengan menggunakan prosedur pengembangan model 4D (four-D) yang meliputi 4 tahap yaitu : (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Pengembangan LKPD IPA ini. Subjek penelitian ini adalah 26 orang peserta didik kelas VII di SMP Swasta Muhammadiyah Kota Langsa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian yang diberikan kepada ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli bahasa dan guru Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan untuk melihat respon peserta didik peneliti membagikan dan menganalisis lembar angket. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan LKPD IPA berorientasi inkuiri terbimbing berbasis kontekstual pada materi perubahan fisika dan kimia yang telah dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dan diaplikasikan dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan karena, setelah dinilai oleh para validator yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, ahli desain dan guru kelas VII di SMP Swasta Muhammadiyah Kota Langsa. Penilaian terhadap produk yang dikembangkan apabila dipresentasekan mencapai nilai 95%, 97%, 96% dan 97% dan dikategorikan sangat valid. LKPD IPA berorientasi inkuiri terbimbing berbasis kontekstual pada materi perubahan fisika dan kimia yang telah dikembangkan oleh peneliti efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dikarenakan, setelah dianalisis peningkatan hasil belajar peserta didik (gain score) kelas VIIB mencapai 0,78 tergolong dalam kategori tinggi serta peserta didik memberikan respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan. Hal ini dikarenakan, respon peserta didik mencapai 98% dengan kategori sangat baik. Sehingga, peneliti menyarankan sangat diperlukan untuk dikembangkannya sebuah produk khususnya LKPD IPA berorientasi inkuiri terbimbing berbasis kontekstual di kelas VII SMP/MTs pada materi atau pokok bahasan lainnya. Sehingga, hasil belajar peserta didik dapat meningkat secara menyeluruh pada semua pokok bahasan khususnya pada materi IPA Terpadu.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyanti, Dwi Retnonidn0026016602
Thesis advisorMatondang, Zulkiflinidn0013076804
Call Number: 372 Mau p
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Kontekstual; Lembar Kerja Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2020 11:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38921

Actions (login required)

View Item View Item