PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA LECTORA INSPIRE BERBASIS ICT UNTUK MEMINIMALISASI MISKONSEPSI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Siagian, Erika Siska Yolanda (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA LECTORA INSPIRE BERBASIS ICT UNTUK MEMINIMALISASI MISKONSEPSI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8176141002 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8176141002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8176141002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8176141002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8176141002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8176141002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8176141002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8176141002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8176141002 BAB I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8176141002 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8176141002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran kimia yang dapat meminimalisasi miskonsepsi yang telah dikembangkan sesuai dengan BSNP; mengetahui perbedaan miskonsespsi siswa yang dibelajarkan dengan media Lectora Inspire dan Powerpoint.Penelitian ini ternasuk penelitianpengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Analysis – Design – Development- Implementation- Evaluation. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA T.A 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 masing-masing terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket modifikasi BSNP dan tes diagnostik three tier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil analisis media pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 1 Secanggang masih belum memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh BSNP (2) Persentase siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Secanggang yang mengalami miskonsepsi pada materi larutan penyangga sebesar 38% (3) Hasil penilaian para ahli terhadap media pembelajaran kimia lectora inspire berbasis ICT yang dikembangkan diperoleh rata-rata sebesar 3,77 artinya valid sehingga dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran kimia (4) Terdapat perbedaan miskonsepsi siswa yang diajarkan dengan mengunakan media pembelajaran kimia lectora inspire dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran kimia powerpoint dengan nilai thitung > ttabel (4,835> 2,002).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorMahmud, 195802211989031002
Call Number: 540.711 Sia p
Keywords: Media Pembelajaran, Mikonsepsi, Lectora Inspire, Larutan Penyangga
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Nov 2019 03:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37243

Actions (login required)

View Item View Item