PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK METODE FOCUS GROUP DISCUSSION TERHADAP KEBERANIAN BERTANYA SISWA KELAS VIII-1 SMP SWASTA AMIR HAMZAH T.A 2019/2020

ARISTA, NADIA AYU (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK METODE FOCUS GROUP DISCUSSION TERHADAP KEBERANIAN BERTANYA SISWA KELAS VIII-1 SMP SWASTA AMIR HAMZAH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 115215006_COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1152151006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 115215006_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 115215006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 115215006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 115215006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 115215006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 115215006_BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1152151006_BAB V.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1152151006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh bimbingan kelompok metode focus group discussion terhadap keberanian bertanya siswa di kelas VIII-1 SMP SWASTA AMIR HAMZAH Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok metode focus group discussion terhadap keberanian bertanya siswa di kelas VIII-1 SMP SWASTA AMIR HAMZAH Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu atau quasi experiment. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 yang terdiri dari 7 orang siswa, instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui keberanian bertanya siswa. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok metode focus group discussion. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 8, dengan α = 0,05 dan n = 7 sehingga nilai Jtabel adalah 2 . Dengan demikian dinyatakan bahwa Jhitung > Jtabel dimana 8 > 2. Data pre-test sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok diperoleh skor rata-rata 66,5 termasuk kategori rendah, sedangkan data post-test setelah pemberian layanan bimbingan kelompok diperoleh skor rata-rata 103,4 termasuk kategori tinggi. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok metode focus group discussion lebih tinggi daripada sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok metode focus group discussion. Perubahan kenaikan interval keberanian bertanya siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok metode focus group discussion sebesar 55%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh bimbingan kelompok metode focus group discussion pada siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Amir Hamzah Tahun Ajaran 2019/2020 atau hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Nasrunnidn0014055706
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 BK 077
Keywords: Bimbingan Kelompok; Metode Focus Group Discussion; Keberanian Bertanya Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36828

Actions (login required)

View Item View Item