PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA NEGERI 14 MEDAN

RAMADHANI, SILFIA RAHMI (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1153351023_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1153351023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1153351023_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1153351023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1153351023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1153351023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1153351023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1153351023_BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1153351023_BAB V.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1153351023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI IPA- 7 Semester I SMA Negeri 14 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian menggunakan pre test-post test one group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-7 Semester I sebanyak 10 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon, yaitu untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian bimbingan kelompok teknik role playing terhadap kecerdasan emosional siswa. Hasil perhitungan dari uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Jhitung =15 sedangkan Jtabel = 8. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n =10, α= 0,05. Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu 15>8. Dengan demikian, hipotesis diterima, artinya bimbingan kelompok teknik role playing berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional siswa SMA Negeri 14 Medan tahun ajaran 2019/2020 dapat diterima. Hal ini didukung oleh data awal yang menunjukkan kecerdasan emosinal siswa pada pre-test rata-ratanya sebesar 93,1 sedangkan pada post-test meningkat menjadi 112,7.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMenanti, Asihnidn0003066006
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 BK 088
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Kecerdasan Emosional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36768

Actions (login required)

View Item View Item