ANALISIS KUMPULAN CERPEN “EMANSIPASI WANITA” DENGAN PERSPEKTIF SARA MILLS SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN BACAAN SISWA XI MAN INSAN CENDEKIA ACEH TIMU

Novita, Intan (2019) ANALISIS KUMPULAN CERPEN “EMANSIPASI WANITA” DENGAN PERSPEKTIF SARA MILLS SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN BACAAN SISWA XI MAN INSAN CENDEKIA ACEH TIMU. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176191004 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176191004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176191004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176191004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176191004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176191004 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176191004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176191004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176191004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176191004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176191004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemanfaatan bahan bacaan, khususnya bacaan cerpen dengan menggunakan tema “emansipasi wanita”, seperti diketahui cerpen merupakan salah satu materi yang terdapat di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga perlu adanya bahan bacaan yang lebih layak untuk dijadikan sebagai bahan bacaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hasil analisis kumpulan cerpen “emansipasi wanita” serta implementasi sebagai bahan bacaan siswa XI MAN Insan Cendekia Aceh Timur. Analisis kumpulan cerpen “emansipasi wanita” dilakukan dengan perspektif Sara Mills. Posisi subjek-objek digunakan untuk melihat posisi subjek yang memberikan penafsiran atas sebuah peristiwa dan terhadap orang lain yang menjadi objek yang ditafsirkan. Posisi pembaca ialah memposisikan bagaimana posisi pembaca ditampilkan dalam teks dan bagaimana pembaca memposisikan dirinya dalam teks yang ditampilkan. Kepada kelompok manakah pembaca mengidentifikasi dirinya. Produk yang dihasilkan ialah bahan bacaan “kumpulan cerpen emansipasi wanita”. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan kuatitatif dirujuk pada Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) analisis kumpulan cerpen “emansipasi wanita” dengan perspektif Sara Mills memperoleh temuan dari setiap cerpen yaitu posisi subjek, posisi objek, posisi pembaca dan posisi penulis. (2) Proses produk bahan bacaan “kumpulan cerpen emansipasi wanita” melalui 3 tahapan yaitu analisis kebutuhan yang diperoleh dari siswa dan guru, validasi ahli materi memperoleh nilai 82,83% dikategorikan “Sangat Baik”, angket tanggapan siswa mengenai kelayakan produk bahan bacaan memperoleh rata-rata 84,7%. (3) implementasi bahan bacaan siswa dengan menguji tes pemahaman siswa dengan menggunakan tanggapan dari pertanyaan-pertanyaan, siswa yang memperoleh nilai yang tinggi sebanyak 18 siswa dan 8 siswa yang memperoleh nilai rendah rata-rata 60, sehingga dapat disimpulkan bahwasanya siswa memahami isi dari bahan bacaan “kumpulan cerpen emansipasi wanita” dan bahan bacaan tersebut layak dijadikan sebagai bahan bacaan siswa. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu analisis kumpulan cerpen “emansipasi wanita” dengan perspektif Sara Mills bisa menjadi referensi untuk peneliti yang meneliti tentang kesetaraan gender. Guru-guru Bahasa Indonesia memberikan respon baik terhadap bahan bacaan “kumpulan cerpen emansipasi wanita”. Implementasi bahan bacaan ini membantu siswa dalam menambah wawasan dan mengambil nilai-nilai kehidupan dalam cerpen.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151948031004
Thesis advisorLubis, Malan196707181993101001
Call Number: 813 Nov a
Keywords: perspektif Sara Mills, bahan bacaan, emansipasi wanita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Nov 2019 07:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36667

Actions (login required)

View Item View Item