EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMPS AL-ULUM MEDAN

PANDJAITAN, RUMINDANG AINUN NISA (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMPS AL-ULUM MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4151111087 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151111087 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151111087 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151111087 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151111087 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151111087 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151111087 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151111087 PREFACE.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151111087 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151111087 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4151111087 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4151111087 TABLES.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4151111087 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4151111087 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4151111087 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4151111087 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151111087 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151111087 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (924kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151111087 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151111087 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151111087 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151111087 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas (pengaruh) penggunaan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMPS Al-Ulum Medan . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPS Al-Ulum Medan Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 264 siswa yang tersebar dalam 8 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-4 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Yang digunakan dalam penelitian ini dalam pengumpulan data yaitu intrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah pretest dan posttest dalam bentuk tes uraian pada materi pola bilangan sebanyak 8 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan Uji Lilifors dan homogenitas data dengan menggunakan Uji F. Dari kedua pengujian tersebut diperoleh bahwa kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan Analisis Varians Dua Arah dan Uji Beda Rata-Rata (Independent Sample t-Test). Berdasarkan data yang diperoleh untuk n = 68 nilai Fhitung pada perhitungan analisis varians adalah 8,57 dan nilai Ftabel pada tabel kritis adalah 3,992 sehingga berdasarkan uji anava dua arah diperoleh H1 : Fhitung > Ftabel diterima dalam taraf nyata 0,05. Sehingga terdapat interaksi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kemudian untuk n = 68 diperoleh nilai thitung = 4,36 dan pada tabel kritis diperoleh nilai ttabel = 1,67 sehingga berdasarkan uji beda rata-rata diperoleh H1 : thitung > ttabel diterima. Sehingga rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan alat peraga tidak sama dengan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar tanpa menggunakan alat peraga.
Maka dapat disimpulkan bahwa alat peraga efektif digunakan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMPS Al-Ulum Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 191
Keywords: ALAT PERAGA, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:29
Last Modified: 16 Dec 2019 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36642

Actions (login required)

View Item
View Item