PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Sitompul, Juni Triana (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156122016 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156122016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156122016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156122016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156122016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156122016 TABLES.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156122016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156122016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156122016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156122016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156122016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana hasil belajar IPA peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran CLIL dan hasil belajar IPA peserta didik yang dibelajarkan dengan Pendekatan Pembelajaran Langsung, (2) Bagaimana hasil belajar IPA antara peserta didik dengan tingkat minat belajar tinggi dan hasil belajar peserta didik dengan Minat belajar rendah, (3) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan Pembelajaran dan Minat Belajar dalam memengaruhi hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Medan yang terdiri dari SMP Swasta Kingston School Medan, dan SMP Swasta Singapore School Medan. Sedangkan populasi untuk siswa sebanyak 292 siswa. Sampel Sekolah untuk penelitian adalah SMP Swasta Kingston School SMP Swasta Singapore School Medan. Penelitian diletakkan pada kelas VIII Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk sampel penelitian adalah 67 siswa, yaitu 34 siswa diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CLIL, dan 33 siswa diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Langsung. Metode penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan Uji Sccheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan PembelajaranCLIL lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Langsung, hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitumg > Ftabel. dengan nilai Fhitung 12,42> Ftabel 3,94; (2) hasil belajar IPA siswa yang memiliki Minat Belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang memiliki Minat Belajar rendah dengan nilai Fhitung = 11,56> Ftabel = 3,94; (3) terdapat interaksi antara pendekatan Pembelajaran dan Minat Belajar dalam memengaruhi hasil belajar IPA dengan nilai Fhitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari Ftabel (Fhitung = 19,67> Ftabel = 3,94) pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendekatan Pembelajaran CLIL lebih baik dari pada Pendekatan Pembelajaran Langsung dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Siswa yang memiliki Minat Belajar tinggi memperoleh hasil belajar IPA lebih tinggi daripada siswa yang memiliki Minat Belajar rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTambunan, Hamonangan196212031987031002
Thesis advisorBaharuddin, 196612311992031020
Call Number: 372.4 Sit p
Keywords: pendekatan pembelajaran CLIL, langsung, IPA dan minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Sep 2019 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36149

Actions (login required)

View Item View Item