PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP SWASTA SALSA

Pratama, Reziono (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP SWASTA SALSA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166172051 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166172051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166172051 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166172051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166172051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166172051 TABLES.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166172051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166172051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8166172051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166172051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif, secara khusus bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemandirian belajar siswa; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dalam penerapan perangkat pembelajaran berbasis masalah; 3) Menganalisis tingkat kemandirian belajar siswa dalam penerapan perangkat pembelajaran berbasis berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan prangkat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas produk; a) Buku siswa meliputi aspek kelayakan format, bahasa, isi dengan skor total 4,43 dan berada dalam kategori “Valid; b) LAS dengan skor 4,40 berada dalam kategori “Valid”; c) Tes kemampuan pemecahan masalah matematik berada dalam kategori valid; d) Angket kemandirian belajar berada dalam kategori valid. (2) Analisis kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan dari dua aspek, yaitu: a) penilaian ahli/praktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas termasuk dalam kategori minimal tinggi. Rata-rata nilai pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran pada uji coba 1 adalah 3,26. Rata-rata nilai pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran pada uji coba 2 adalah 3,5. (3) kefektifan produk: a) Ketuntasan belajar siswa dari hasil uji coba 1 sebesar 71 % sedangkan untuk uji coba 2 sebesar 86%, dengan demikian nilai ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebanyak 15%; b) Aktivitas siswa menunjukkan seluruh kategori aktivitas siswa (6 kategori) telah berada pada interval toleransi waktu ideal yang ditetapkan; c) respon positif siswa sebesar 85,7%. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang sulit ditingkatkan terletak pada indikator memeriksa kembali proses dan hasil sebesar 0,11 . Peningkatan kemandirian belajar tertinggi terdapat pada indikator mengulang tugas/tes sebelumnya yaitu sebesar 1,04

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Thesis advisorKhairani, Nerli196801441994122001
Call Number: 510.71 Pra p
Keywords: pengembangan perangkat pembelajaran, model 4-D, pembelajaran berbasis masalah, pemecahan masalah matematik, kemandirian belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Sep 2019 05:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36144

Actions (login required)

View Item View Item