EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

Anggreini, Tria (2019) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176176020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176176020 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176176020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176176020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176176020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176176020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176176020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176176020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176176020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176176020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176176020 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176176020 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176176020 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176176020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176176020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176176020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176176020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176176020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176176020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176176020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh keterampilan
proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran scientific
inquiry menggunakan mind mapping dan yang diajarkan dengan pembelajaran
konvensional, (2) pengaruh keterampilan proses sains yang memiliki kemampuan
berpikir kreatif dengan model scientific inquiry menggunakan mind mapping dan
yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan pembelajaran konvensional,
(3) interaksi model scientific inquiry menggunakan mind mapping dengan
kemampuan berpikir kreatif siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains.
Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperimen ini dilakukan pada siswa kelas
VIII pada mata pelajaran IPA SMP Swasta Tunas Harapan Sayurmatinggi sebagai
populasi dan terpilih dua kelas secara cluster random sampling. Instrumen yang
digunakan adalah tes uraian berbasis keterampilan proses sains dan kemampuan
berpikir kreatif yang telah divalidasi oleh dua orang ahli. Data yang dihasilkan
dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1)
keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran scientific
inquiry menggunakan mind mapping lebih baik daripada pembelajaran
konvensional, (2) keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan
berpikir kreatif di atas rata-rata lebih baik daripada siswa dengan kemampuan
berpikir kreatif di bawah rata-rata, (3) terdapat interaksi model pembelajaran
scientific inquiry menggunakan mind mapping dan kemampuan berpikir kreatif
terhadap keteampilan proses sains, dimana interaksi pada kelompok siswa dengan
kemampuan berpikir kreatif di atas rata-rata lebih baik daripada siswa dengan
kemampuan berpikir kreatif di bawah rata-rata

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.41 Ang e
Keywords: scientific inquiry, kemampuan berpikir kreatif, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:19
Last Modified: 24 Sep 2019 08:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36125

Actions (login required)

View Item
View Item