EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

Anggreini, Tria (2019) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176176020 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176176020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176176020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176176020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176176020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176176020 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176176020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176176020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8176176020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176176020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry menggunakan mind mapping dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, (2) pengaruh keterampilan proses sains yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan model scientific inquiry menggunakan mind mapping dan yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan pembelajaran konvensional, (3) interaksi model scientific inquiry menggunakan mind mapping dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperimen ini dilakukan pada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA SMP Swasta Tunas Harapan Sayurmatinggi sebagai populasi dan terpilih dua kelas secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian berbasis keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif yang telah divalidasi oleh dua orang ahli. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran scientific inquiry menggunakan mind mapping lebih baik daripada pembelajaran konvensional, (2) keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif di atas rata-rata lebih baik daripada siswa dengan kemampuan berpikir kreatif di bawah rata-rata, (3) terdapat interaksi model pembelajaran scientific inquiry menggunakan mind mapping dan kemampuan berpikir kreatif terhadap keteampilan proses sains, dimana interaksi pada kelompok siswa dengan kemampuan berpikir kreatif di atas rata-rata lebih baik daripada siswa dengan kemampuan berpikir kreatif di bawah rata-rata

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTampubolon, Togi196105011987031003
Thesis advisorBunawan, Wawan196812051993031001
Call Number: 530.41 Ang e
Keywords: scientific inquiry, kemampuan berpikir kreatif, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36125

Actions (login required)

View Item View Item