ANALISIS KESULITAN METAKOGNISI DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMP N 1 LAWE BULAN ACEH TENGGARA

Nurvita, (2019) ANALISIS KESULITAN METAKOGNISI DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMP N 1 LAWE BULAN ACEH TENGGARA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156172029 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156172029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156172029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156172029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156172029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156172029 TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156172029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156172029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156172029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156172029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana tingkat kemampuan metakognisi dan koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, bagaimana proses jawaban pemecahan masalah metakognisi dan koneksi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan bagaimana kesulitan siswa memecahkan masalah metakognisi dan koneksi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, maka pada pelaksanaan penelitian dilakukan triangulasi data untuk mendapatkan keabsahan hasil penelitian.Untukmenjawabpertanyaanpenelitianmakadilakukananalisis data terhadaphasilpenelitianberdasarkanprosedurpenelitiankualitatifmenggunakan. Model Miles and Hubermanmencakupkoleksi data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), danpenyimpulan (conclusion).Tingkat kemampuan metakognisi dari 38 orang siswa dengan kemampuan metakognisi siswa sangat rendah sebanyak 13%, kemampuan rendah sebanyak 37%, kemampuan sedang sebanyak 18% dan kemampuan tinggi sebanyak 32%. Tingkat kemampuan koneksi matematis siswa dari 38 orang dengankemampuan ‘sangat rendah’ sebanyak 16%, kemampuan rendah sebanyak 39%, kemampuan sedang sebanyak 29% dan kemampuan tinggi sebanyak 16%.Setelah proses jawaban siswa dideskripsikan maka disimpulkan pada proses jawaban metakognisi dan koneksi matematis siswa berkaitan dengan objek matematika dan berkenaan dengan proses jawaban pemecahan masalah metakognisi dan koneksi matematis tidak terjadi pertentangan dengan kesepakatan yang telah ada dalam matematika baik fakta, konsep, prinsip maupun prosedur. Analisiskesulitanmetakognisidankoneksimatematissiswadalampenelitianiniadalah pada analisis kesulitan metakognisi siswa, siswatidak dapat menuliskanapa yang diketahuipadapermasalahan , siswajuga tidak dapatmenerapkaninformasi yang diperolehdalamkonsep yang telahdipikirkannya, siswa tidak dapat menentukan langkah awal yang harus dilakukan dalam memecahkan masalah, siswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan benar. Pada analisis kesulitan koneksi matematis siswa, siswa tidak dapat menghubungkan informasi dalam soal dengan materi sebelumnya dengan benar, siswa dapat menghubungkan materi bangun ruang sisi datar dengan materi pelajaran fisika tetapi belum benar, sisiwa tidak dapat menghubungkan materi bangun ruang sisi datar dengan materi pelajaran fisika tetapi belum benar dan siswa tidak mampu menghubungkan masalah kehidupan nyata pada soal bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Call Number: 510.285 Nur a
Keywords: Analisis Kesulitan Metakognisi, Koneksi Matematis Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36113

Actions (login required)

View Item View Item