PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN

Ernilis, (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126172012 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126172012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126172012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8126172012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126172012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126172012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126172012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 8126172012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8126172012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengembangkan bagaimana efektivitas dan kepraktisan modul berbasis masalah yang dikembangkan melalui pembelajaran strategi metakognitif pada kemampuan pemecahan masalah, dan mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah melalui pembelajaran strategi metakognitif modul berbasis masalah yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Untuk memperoleh modul pembelajaran yang efektif dan praktis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15 Medan. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah memenuhi persyaratan yang valid sehingga dapat diuji efektivitas dan kepraktisannya. Hasil tes menunjukkan bahwa dari segi efektifitas, modul telah mampu meningkatkan aktivitas aktif siswa, kemampuan guru dalam pembelajaran sudah cukup baik, Respon positif siswa dalam belajar dan tujuan pembelajaran telah tercapai dengan 86,21. % sepenuhnya. Kepraktisan modul juga telah terpenuhi, hal ini terlihat dari respon positif siswa dalam pembelajaran serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penggunaan modul.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDewi, Izwita1962070661989032001
Thesis advisorHasratuddin, 1963123119910131030
Call Number: 519.2 Ern p
Keywords: pengembangan modul pembelajaran, strategi metakognitif, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36104

Actions (login required)

View Item View Item