PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PAUD USIA 4-6 TAHUN DI PAUD KENANGA RAYA MEDAN

Romi, (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PAUD USIA 4-6 TAHUN DI PAUD KENANGA RAYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156122027 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156122027 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156122027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156122027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156122027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156122027 TABLES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156122027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156122027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156122027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156122027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Media pembelajaran interaktif tema Binatang pada siswa PAUD Usia 4-6 Tahun di PAUD Kenanga Raya yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran baik, (2) Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif tema Binatang pada siswa PAUD Usia 4-6 Tahun di PAUD Kenanga Raya yang dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas belajar menggambar siswa. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian model pengembangan Borg & Gall ((Research & Development)) yang dipadukan dengan Model pembelajaran ASSURE. Analisis dari penelitian ini adalah angket kebutuhan bagi guru dan siswa, kelayakan media pembelajaran interaktif yaitu penilaian oleh ahli (validator) dengan menggunakan angket uji validitas ahli media dan ahli materi, hasil kreativitas belajar siswa, dan penilaian oleh anak pada uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba operasional dengan hasil sangat baik. Dari hasil penelitian validator menyatakan dalam kategori sangat layak sebesar 91.4% dari ahli media, 90.6% dari ahli materi dan 87.9% dari ahli desain pmbelajaran. Namun ada revisi dari ahli media dan ahli materi berupa penambahan menu petunjuk penggunaan dan pengurangan beberapa materi yang ada dan pada revisi suara yang terdapat di media pembelajaran interaktif . Respon siswa PAUD dapat dilihat dari rekapitulasi hasil kreativitas belajar siswa. Serta hasil kreativitas belajar menggambar dari penggunaan media interaktif meningkat dan rata-rata nilai kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Simpulan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan penelitian layak digunakan sebagai media pembelajaran tema binatang untuk kelas siswa PAUD dan Media pembelajaran interaktif yang digunakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar tema binatang pada siswa PAUD. Bagi PAUD Kenanga Raya hendaknya penerapan media pembelajaran interaktif tema Binatang pada siswa PAUD Usia 4-6 Tahun pada mata pelajaran tema binatang memerlukan kesiapan siswa untuk melaksanakan pembelajaran dengan media baru secara mandiri sehingga siswa belajar sesuai dengan karakternya masing-masing sehingga dapat belajar maksimal dan dapat memperoleh hasil belajar maksimal pula. Latihan yang dikerjakan siswa memberikan feedback bagi siswa untuk mengetahui sejauhmana keterserapan materi pelajaran yang diperoleh. Perlu diadakan penelitian yang lebih lanjut tentang pengembangan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kreativitas belajar tema binatang dengan menggunakan sampel (sekolah PAUD) yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMursid, M196607111991031003
Thesis advisorSimbolon, Naeklan195704251982032001
Call Number: 372.21 Rom p
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Model pembelajaran ASSURE, Kreativitas Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36090

Actions (login required)

View Item View Item