PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK ASPEK PARTICIPATION SKILLS DI KELAS IV SD NEGERI 047168 KACINAMBUN KECAMATAN TIGAPANAH T.A 2018/2019

Ginting, Ita Novelly (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK ASPEK PARTICIPATION SKILLS DI KELAS IV SD NEGERI 047168 KACINAMBUN KECAMATAN TIGAPANAH T.A 2018/2019. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166182021 Cover.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166182021 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166182021 Abstrak.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166182021 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166182021 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166182021 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166182021 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166182021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166182021 Bab I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166182021 Bab V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166182021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian yang layak digunakan dalam melaksanakan penilaian autentik aspek participation skills di kelas IV SD. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (research & development), yaitu suatu proses penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa instrumen penilaian autentik aspek participation skills di kelas IV SD. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri 047168 Kacinambun Kecamatan Tigapanah, dan ahli validasi sebanyak 4 orang ahli yang memiliki kriteria sebagai : (1) ahli materi PPKN, (2) ahli Bahasa, (3) ahli Desain, dan (4) ahli Instrumen. Sebagai objek penelitian ini adalah pengembangan instrumen penilaian autentik aspek participation skills siswa. Berdasarkan analisis awal terhadap buku guru dan buku siswa kelas IV SD Tema 1 Indahnya Kebersamaan dengan subtema Keberagaman Budaya dan Bangsaku, Kebersamaan Dalam Keberagaman dan Bersyukur atas Keberagaman, bahwa tidak ditemukan instrumen penilaian yang sesuai dengan jenis dan aspek aspek penilaian pada setiap subtema pembelajaran. Berdasarkan perolehan skor validasi dari masing masing ahli nilai skor pada kajian materi PPKn 84,3% dengan kategori sangat valid, ahli Bahasa dengan skor 81,25%, dengan kategori sangat valid, ahli Desain dengan skor 92,18% dengan kategori sangat valid, dan ahli instrumen memperoleh skor 85% dengan kategori sangat valid serta memperoleh skor rata rata 85,68% dengan kategori sangat valid. Pada hasil uji coba dalam kelompok skala kecil memperoleh skor 75% dengan kategori valid, dan uji coba dalam kelompok skala besar 1 memperoleh skor 90,6% dan uji coba dalam kelompok skala besar 2 memperoleh skor 96,8% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan angket instrumen penilaian autentik aspek participation skills yang diberikan kepada guru tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan instrumen penilaian tersebut, sehingga instrumen penilaian autentik aspek participation skills sangat valid dan sangat layak dipergunakan di SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Thesis advisorSaragi, Daulat196411071991031010
Call Number: 372 Gin p
Keywords: Penilaian Autentik, Aspek Participation Skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Sep 2019 05:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36072

Actions (login required)

View Item View Item