PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI dan GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS dan KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA BHAYANGKARI 1 MEDAN

Fauzi, Ahmad (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI dan GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS dan KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA BHAYANGKARI 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166174001 Cover.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166174001 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166174001 Abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166174001 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166174001 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166174001 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166174001 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166174001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166174001 Bab I.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166174001 Bab V.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166174001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) Kemampuan kognitif; (2) Kemampuan berpikir kritis; dan (3) Keterampilan proses sains siswa pada materi Ekosistem di SMA Bhayangkari 1 Medan.Metode yang digunakan adalah quasi experiment research dengan sampel sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Siswa kelas X1 dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri, kelas X2 dibelajarkan dengan Group Investigation,dan kelas X3 dengan Konvensional. Instrumen tes dalam penelitian ini adalah tes kemampuan kognitif dan kemampuan berpikir kritis dalam bentuk pilihan ganda, tes keterampilan proses sains dalam bentuk essai tes. Teknik analisis data menggunakan Anacova dengan program SPSS 21.0. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) Kemampuan kognitif siswa (F=5,14 ; P=0,01); (2) Kemampuan berpikir kritis siswa (F=63,49 ; P=0,00); dan (3) Keterampilan proses sains siswa (F=13,88 ; P=0,00). Kemampuan kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri (73,75±13,60) tidak berbeda signifikan dengan Group Investigation (77,21±10,69) (P=0,47) dan tidak berbeda signifikan yang dibelajarkan dengan Konvensional (67,71±11,43) (P=0,10). Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri (72,40±8,77) berbeda signifikan dengan Group Investigation (79,80±7,01) (P=0,00), dan tidak berbeda signifikan dengan yang dibelajarkan menggunakan Konvensional (68,76±66,21) (P=0,12). Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri (76,33±8,47) tidak berbeda signifikan dengan Group Investiogation (78,90±7,77)(P=0,42) dan tidak berbeda signifikan yang dibelajarkan dengan Konvensional (71,64±8,51) (P=0,06). Tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran Inkuiri dan Group Investiogation pada materi Ekositem dalam upaya meningkatkan kemampuan Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Proses Sains siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDjulia, Ely196607241991032012
Thesis advisorIdramasa, 1971092022005011004
Call Number: 577 Fau p
Keywords: Inkuiri, Group Investigation, Konvensional, Kemampuan Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains, Ekosistem.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36045

Actions (login required)

View Item View Item