Umara, Yudi (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GEBANG. Masters thesis, UNIMED.
|
Text
1. COVER.pdf - Published Version Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf - Published Version Download (791kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB V.pdf - Published Version Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (506kB) | Preview |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dalam penerapan Contextual Teaching and Learning yang valid dan efektif, beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan perangkat tersebut dalam pembelajaran matematika pada materi pokok Perbandingan di kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Dick and Carey. Model ini terdiri dari beberapa tahapan yakni: melakukan analisis kebutuhan siswa, perencanaan, mendesain pengembangan, menyusun tes acuan berdasarkan tujuan pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, validasi ahli, revisi, uji coba produk akhir. Rancangan dalam uji coba menggunakan design Pre-test and Post-test pada setiap uji coba. Temuan hasil penelitian yakni: 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: Lembar Kerja Siswa (LKS) dan tes kemampuan pemecahan masalah telah memenuhi kriteria baik/valid; 2) keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (i) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88%, (ii) ketercapaian aktivitas aktif siswa dengan kategori baik; iii) pengelolaan guru dalam pembelajaran sangat baik, dan (iv) respons positif siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran pada uji coba I (sekala kecil) sebesar 89,1% dan pada uji coba II (sekala besar) sebesar 85%.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | 372.7 Uma p | |||||||||
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar | |||||||||
Depositing User: | Mr Maknun | |||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2019 08:21 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |