ANALISIS PENERAPAN METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 POLLUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

, LAMTIUR LUMBAN GAOL (2018) ANALISIS PENERAPAN METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 POLLUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER .pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah Penelitian ini yakni bagaimana penerapan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review ) terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa. Penenilitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah guru. Data yang dihasilkan berupa hasil kegiatan membaca teks eksplanasi oleh siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa kelas XI “Meningkat” dengan menggunakan penerapan metode membaca SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Penerapan metode ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan pemahaman bacaan pada teks tanpa mengalami kesulitan juga diterima dengan baik oleh siswa dan tetap dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan kemampuan pemahaman bahan bacaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, FitrianiNIDN197708312008122001
Call Number: SK-2018 IND 102
Keywords: MEMBACA; MEMBACA PEMAHAMAN; TEKS EKSPLANASI; SQ4R
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34843

Actions (login required)

View Item View Item