PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU (PPLT) MELALUI EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Wulandari, Isnaini Ari (2018) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU (PPLT) MELALUI EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 7142141011 - COVER.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 7142141011 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 7142141011 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 7142141011 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 7142141011 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 7142141011 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 7142141011 - BAB I.pdf - Published Version

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7142141011 - BAB V.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7142141011 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview

Abstract

Sekarang ini minat menjadi guru sangat tinggi, akan tetapi tidak dibarengi dengan kesiapan guru yang tinggi pula. Minat saja tidak cukup karena untuk siap menjadi guru harus diiringi dengan kompetensi berupa penguasaan bidang ilmu dan karakter seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh literasi ekonomi terhadap kesiapan menjadi guru, kemudian pengaruh PPLT terhadap kesiapan menjadi guru, selanjutnya pengaruh literasi ekonomi terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri, dan pengaruh PPLT terhadap kesiapan menajdi guru melalui efikasi diri. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan.Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Reguler 2014 yang berjumlah 98 mahasiswa dengan sampel jenuh. Metode pengumpulan data yaitu angket, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan bantuan SPSS 20. Hasil dari penelitian ini yaitu: persamaan struktural I, X3= 25,466 + 0,318X1+ 0,299X2+ 0,892 dan persamaan structural II, Y = 14,466 + 0,223X1+ 0,398X2+ 0,313X3+ 0.707. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa: Ada pengaruh langsung yang positif antara literasi ekonomi terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai koefisien jalur 0,237. kemudian ada pengaruh langsung PPLT terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai koefisien jalur 0,398. selanjutnya, ada pengaruh tidak langsung lietrasi ekonomi terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri dengan nilai koefisien jalur 0,099. Dan ada pengaruh tidak langsung yang antara PPLT terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri dengan nilai koefisien jalur 0,093. Masing-masing pengaruh langsung memiliki nilai yang lebih besar daripada pengaruh tidak langsungnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHutasuhut, Saidun196608301993031002
Call Number: SK-2018 EKO 052
Keywords: Literasi Ekonomi, PPLT, Efikasi Diri, Kesiapan Menjadi Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 10 Apr 2019 11:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34723

Actions (login required)

View Item View Item