PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.P 2017/2018

SIMARMATA, YUNI PRATICIA (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. 4143321046 COVER.pdf]
Preview
Text
01. 4143321046 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 02. 4143321046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. 4143321046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 03. 4143321046 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
03. 4143321046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 04. 4143321046 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
04. 4143321046 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 05. 4143321046 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
05. 4143321046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 06. 4143321046 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
06. 4143321046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 07. 4143321046 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
07. 4143321046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 08. 4143321046 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
08. 4143321046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 09. 4143321046 BAB 1.PDF]
Preview
Other
09. 4143321046 BAB 1.PDF - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of 13. 4143321046 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 4143321046 BAB V.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4143321046 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 4143321046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 6 kelas dengan X-MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan model PBL dan kelas X- MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata pretes kelas eksperimen 22,60 dan pada kelas kontrol sebesar 21,42. Dari uji normalitas dan uji homogenitas data pretes untuk kedua kelas sampel disimpulkan bahwa kedua kelas sampel normal dan homogen, menandakan bahwa kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah diberi perlakuan yang berbeda nilai rata-rata postes yang diperoleh untuk kelas eksperimen 66,90 dan nilai rata–rata postes untuk kelas kontrol 43,30. Melalui pengujian statistik dengan thitung > ttabel maka disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 139
Keywords: Keterampilan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Momentum Dan Impuls
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 11:38
Last Modified: 24 Feb 2020 09:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34445

Actions (login required)

View Item
View Item