PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P 2018/2019

SILABAN, BUNGA HOTNIDA (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7141141011 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7141141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7141141011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7141141011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7141141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7141141011 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7141141011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7141141011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7141141011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7141141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbantuan multimedia terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Jambi Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI AP yang berjumlah 71 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 5% dari total populasi yang berjumlah 40 orang dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dipelajari dengan pendekatan saintifik berbantuan multimedia lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan pendekatan saintifik berbantuan multimedia adalah pre-tes sebesar42,25 dan pos-test sebesar 85,03, sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional adalah pre-tes sebesar 35,00 dan pos-test sebesar 71,50. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 3,136>1,684 pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan anatara pendekatan sainifik terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Swasta Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 pada pokok pembahasan kelangkaan dan masalah pokok ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorThamrin, 196407191993031003
Call Number: SK-2018 EKO 088
Keywords: Pendekatan Saintifik, Multimedia; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34086

Actions (login required)

View Item View Item