PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

AGUSTINA, TRIE (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7142142006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7142142006 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7142142006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7142142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7142142006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7142142006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7142142006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7142142006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7142142006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7142142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7142142006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7142142006 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7142142006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7142142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7142142006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7142142006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7142142006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7142142006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7142142006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7142142006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7142142006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7142142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran Higher Order Thinking lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Ak SMK Swasta Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Sinar Husni Medan yang beralamat di Jl. Veteran Gg. Utama Pasar V Helvetia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 79 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menghitung nilai mean, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Dari hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung sebesar 3,649, sedangkan ttabel sebesar 1,669 pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (3,649 > 1,669) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran higher order thinking lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI Ak SMK Swasta Sinar Husni Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 AKT 087
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi; Strategi Pembelajaran Higher Order Thinking
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:02
Last Modified: 15 Apr 2019 07:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34045

Actions (login required)

View Item
View Item