PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID

SUNARWATI, DIAN (2018) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4143331005 COVER.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4143331005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4143331005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4143331005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4143331005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4143331005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4143331005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4143331005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4143331005 BAB I.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4143331005 BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4143331005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi koloid, juga interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian dilakukan di kelas XI MIA SMA Negeri 13 Medan T.A. 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 13Medan yang terdiri dari 10 kelas. Sampel ditetapkan dengan teknik random sampling, yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah jenis eksperimen dengan rancangan anava faktorial 2 x 2. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh tes hasil belajar yang menggunakan instumen yang valid sebanyak 42 soal dan reliabel (0,87) dan data untuk kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh melalui angket kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan instrumen yang telah valid. Teknik analisa data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 4,038 > 3,97, terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif tinggi dan kemampuan berpikir kreatif rendah terhadap hasil belajar kimia pada materi koloid dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 39,763 > 3,97, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar kimia pada materi koloid dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 7,502 > 3,97.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSugiharti, Gulmah196111071988032001
Call Number: SK-2018 KIM 150
Keywords: HASIL BELAJAR, ANAVA 2x2, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF, DIRECT INSTRUCTION, PROJECT BASED LEARNING, UJI SCHEFFE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 13:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34039

Actions (login required)

View Item View Item