PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS PROYEK UNTUK PENGAJARAN KESETIMBANGAN ASAM-BASA

Simaremare, Sanhot (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS PROYEK UNTUK PENGAJARAN KESETIMBANGAN ASAM-BASA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166141015 COVER.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166141015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166141015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166141015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166141015 TABLES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166141015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166141015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166141015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166141015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview

Abstract

Implementasi kurikulum berbasis kompetensi pada pembelajaran kimia menjadi strategi untuk memenuhi tuntutan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), sehingga dibutuhkan pembelajaran yang aktif melalui proyek yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa terhadap subjek yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan bahan ajar kimia inovatif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi kesetimbangan asam-basa. Penelitian ini dimulai dari integrasi proyek pada sub pokok bahasan materi kesetimbangan asam-basa yang kemudian dikemas dalam bentuk multimedia untuk memenuhi tuntutan kurikulum. Bahan ajar inovatif yang dikembangkan diimplementasikan sebagai panduan belajar mahasiswa untuk mengerjakan proyek dalam mendukung penguasaan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh bahan ajar yang standard sesuai dengan kurikulum universitas. Bahan ajar yang telah standard dikemas dalam bentuk multimedia. Hasil implementasi menunjukkan bahwa bahan ajar efektif digunakan sebagai panduan mahasiswa dalam mempelajari kimia analitik dasar khususnya pada materi kesetimbangan asam-basa. Nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa meningkat setelah menggunakan bahan ajar. Selain itu, mehasiswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar kimia melalui proyek yang diintegrasikan. Berdasarkan uraian tersebut maka bahan ajar inovatif yang dikembangan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa sesu

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Manihar1960008041986011001
Thesis advisorTarigan, Simson196002231983061005
Call Number: 540 Sim p
Keywords: Inovasi pembelajaran, proyek, Multimedia, Keterampilan Mahasiswa, Kesetimbangan asam-basa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33640

Actions (login required)

View Item View Item