EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KRITIS SISWA SMK

Harahap, Afni Zahara (2019) EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KRITIS SISWA SMK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156176001 COVER.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156176001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156176001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156176001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156176001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156176001 TABLES.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156176001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156176001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156176001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156176001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156176001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran project based learning lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, menganalisis peningkatan (gain) kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, menganalisis peningkatan (gain) kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Putra Anda Binjai semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random class, yaitu sebanyak 2 kelas yang masing-masing berjumlah 35 orang kelas eksperimen dan 33 orang kelas kontrol. Kelas X TKJ-1 sebagai kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran project based learning, kelas X TKJ-2 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari 5 soal berbentuk essay dan tes kemampuan berpikir kritis terdiri dari 5 soal berbentuk essay yang sudah valid. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran project based learning lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan (gain) kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran project based learning berada pada kategori sedang dan peningkatan (gain) kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah, Uji korelasi menunjukkan terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSahyar, 196004261985031003
Thesis advisorBunawan, Wawan196812051993031001
Call Number: 530.071 2 Hap e
Keywords: model pembelajaran project based learning, pembelajaran konvensional, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Mar 2019 02:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33572

Actions (login required)

View Item View Item