PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGITIGA

Fitriani, Zulia (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGITIGA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156171035 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156171035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156171035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156171035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156171035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156171035 TABLE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156171035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156171035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156171035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156171035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156171035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menemukan perangkat pembelajaran yang efektif berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. (2) Menganalisis peningkatan kemampuan literasi matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik. (3) Menganalisis perbedaan kemampuan literasi matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (development research). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Thiagarajan, Semmel dan Semmel) dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Buku Siswa (BS), Buku Guru (BG), dan Instrumen Evaluasi atau Tes Hasil Belajar (THB) berbasis pendekatan realistik pada materi segitiga. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Ulum Medan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ulum Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-5 (kelas eksperimen I), kelas VII-6 (kelas eksperimen II), dan kelas VII-2 (kelas kontrol). Analisis perbandingan yang dilakukan menggunakan uji T dua sampel. Dari hasil tes pada uji coba I dan II diperoleh bahwa (1) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif, (2) terjadi peningkatan nilai rata-rata pada kemampuan literasi matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik, yaitu sebesar 12,71, (3) terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis secara signifikan,

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasratuddin, 19631231991031030
Thesis advisorSitompul, Pardomuan196911261997021001
Call Number: 511.3 Fit p
Keywords: Perangkat pembelajaran, pendekatan realistik, literasi matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Mar 2019 09:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33565

Actions (login required)

View Item View Item