KONTRIBUSI ASPEK MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI EKOLOGI SISWA SMA NEGERI SE KOTA MEDAN

Riyanti, (2019) KONTRIBUSI ASPEK MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI EKOLOGI SISWA SMA NEGERI SE KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 8166173016 COVER.pdf - Published Version

Download (17kB)
[img] Text
2. NIM 8166173016 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text
3. NIM 8166173016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text
4. NIM 8166173016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text
5. NIM 8166173016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text
6. NIM 8166173016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text
7. NIM 8166173016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text
8. NIM 8166173016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
9. NIM 8166173016 BAB I.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text
13. NIM 8166173016 BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text
14. NIM 8166173016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi aspek multiple intelligences terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, sikap ilmiah dan keterampilan proses sains pada materi ekologi siswa SMA Negeri se Kota Medan tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri se Kota Medan tahun akademik 2017/2018 yang berjumlah 4.228 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 365 siswa. Penentuan jumlah sampel pada setiap sekolah dilakukan dengan teknik Proportionate Random Sampling dan untuk menentukan sampel pada setiap sekolah dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yaitu dengan cara diundi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner multiple intelligences, tes kemampuan berpikir tingkat tinggi materi ekologi, kuesioner sikap ilmiah tentang sikap peduli lingkungan, dan tes keterampilan proses sains materi ekologi. Kontribusi aspek multiple intelligences terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, sikap ilmiah dan keterampilan proses sains diperoleh dengan menggunakan analisis regresi ganda bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek multiple intelligences yang paling berkontribusi terhadap kemampuan berpikir tinggi siswa SMA Negeri se Kota Medan pada materi ekologi adalah kecerdasan naturalis, kecerdasan musikal, kecerdasan logika matematika, dan kecerdasan interpersonal dengan kontribusi sebesar 94,0%. Aspek multiple intelligences yang paling berkontribusi terhadap sikap ilmiah siswa SMA Negeri se Kota Medan pada materi ekologi adalah kecerdasan intrapersonal, kecerdasan eksistensial, dan kecerdasan visual spasial dengan kontribusi sebesar 93,8%. Sedangkan aspek multiple intelligences yang paling berkontribusi terhadap keterampilan proses sains siswa SMA Negeri se Kota Medan pada materi ekologi adalah kecerdasan interpersonal, kecerdasan verbal linguistik, kecerdasan kinestetik, dan kecerdasan logika matematika dengan kontribusi sebesar 80,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, Binari196404041989031006
Thesis advisorSudibyo, Mufti196008161988031005
Call Number: 577 Riy k
Keywords: Aspek multiple intelligences, kemampuan berpikir tingkat tinggi sikap ilmiah, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Mar 2019 09:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33560

Actions (login required)

View Item View Item