PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTS ISLAMIYAH MEDAN

Putri, Nurul Stephanie (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTS ISLAMIYAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4133311001 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4133311001 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4133311001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4133311001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4133311001 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4133311001 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4133311001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4133311001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4133311001 PREVACE.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4133311001 PREVACE.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4133311001 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4133311001 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4133311001 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4133311001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4133311001 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4133311001 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4133311001 LIST OF APENDICES.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4133311001 LIST OF APENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM 4133311001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10 NIM 4133311001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4133311001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4133311001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM 4133311001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15 NIM 4133311001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray (TS – TS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat pada kelas VII-B MTs Islamiyah Medan. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII-B MTs Islamiyah Medan dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat di kelas VII-B MTs Islamiyah Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai target belajar dari tes awal yaitu 9 dari 32 siswa atau 28,12% dengan rata-rata kelas 49,37. Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray (TS – TS) menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai target belajar adalah 17 dari 32 siswa atau 53,13% dengan rata-rata kelas 65,12. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai target belajar yaitu 28 dari 32 siswa atau 87,5% dengan rata-rata kelas 74,48. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I hingga
siklus II. Berdasarkan kriteria pencapaian target belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target belajar klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray (TS – TS) dikelas VII-B MTs Islamiyah Medan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 102
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematika; pembelajaran kooperatif tipe two stay - two stray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 15:28
Last Modified: 28 Mar 2019 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33373

Actions (login required)

View Item
View Item