PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Simanjuntak, Delima (2019) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166171006 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166171006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166171006 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166171006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166171006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166171006 TABLES.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166171006 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166171006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8166171006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166171006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi model pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (3) Proses penyelesaian jawaban tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutalimbaru. Sampel penelitian diambil secara acak sehingga diperoleh dua kelas sampel. Kelas eksperimen mendapat model pembelajaran penemuan terbimbing dan kelas kontrol mendapat model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket kemandirian belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANAKOVA) dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi model pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (3) Proses penyelesaian jawaban siswa kelas model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan kelas model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan model penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika yang inovatif

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNapitupulu, E.Elvid196312251988031004
Thesis advisorManullang, Martua195205174977021001
Call Number: 510.071 2 Sim p
Keywords: Model Pembelajaran;Matematika;Hasil Belajar;Normalitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2019 03:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33167

Actions (login required)

View Item View Item