PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 SIDIKALANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Aritonang, Abden Rahim (2018) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 SIDIKALANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166172001 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166172001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166172001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166172001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166172001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166172001 TABLES.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166172001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166172001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8166172001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166172001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di lakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran langsung; (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran langsung; (3) Bagaimana proses penyelesaian soal-soal yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sidikalang. Kelas Eksperimen I diberi perlakuan model pembelajaran kontekstual dan kelas eksperimen II diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) tes kemampuan pemecahan masalah; (2) Angket disposisi matematis siswa. Tes yang digunakan berbentuk uraian. Tes dan angket yang digunakan telah dinyatakan valid dan reliabel. Persamaan regresi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas Eksperimen I adalah dan persamaan regresi di kelas eksperimen II adalah Dan persamaan regresi disposisi matematis siswa di kelas Eksperimen I adalah dan persamaan regresi di kelas eksperimen II adalah . Analisis inferensial data dilakukan dengan menggunakan Analisis Kovarian (ANAKOVA). Hasil penelitian yang di peroleh yaitu: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar melalui melalui model pembelajaran langsung; (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar melalui melalui model pembelajaran langsung; (3) proses penyelesaian jawaban siswa pada kemampuan pemecahan masalah yang diajar melalui model pembelajaran kontekstual lebih baik dari pada siswa yang diajar melalui model pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Thesis advisorRajaguguk, Wisman196110051986011001
Call Number: 510.071 2 Ari p
Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung, kemampuan pemecahan masalah matematis, disposisi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2019 03:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33166

Actions (login required)

View Item View Item