PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALUH HULU T.A. 2018/2019

Sinaga, Novena Melinda (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALUH HULU T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4142111021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4142111021 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4142111021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4142111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4142111021 ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4142111021 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4142111021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4142111021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4142111021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4142111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4142111021 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4142111021 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4142111021 TABLE.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4142111021 TABLE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4142111021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4142111021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4142111021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4142111021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (825kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4142111021 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4142111021 BAB V.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4142111021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4142111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Geogebra pada materi Program Linear di kelas XI SMA Negeri 1 Kualuh Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kualuh Hulu yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah keseluruhan 330 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak dua kelas yaitu kelas XI-IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 sebanyak 34 siswa dan kelas XI-IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2 sebanyak 34 siswa. Kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah di validasi. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari pupolasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari analisis data pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata post-test 86,02 dan simpangan baku post-test 9,51. Pada kelas eksperimen 2 diperoleh nilai rata-rata post-test 79,85 dan simpangan baku post-test 10,26. Dari analisis data post-test dengan menggunakan uji-t pada taraf diperoleh nilai dan , dimana berarti diterima dan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Geogebra pada materi Program Linear.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 171
Keywords: model pemebelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan student teams achievement division, pemecahan masalah matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Mar 2019 15:38
Last Modified: 22 Mar 2019 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33008

Actions (login required)

View Item
View Item