IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMK SWASTA AL-WASHLIYAH PASAR SENEN 1 MEDANT.P. 2018/2019

ANDRIAN, ARI (2019) IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMK SWASTA AL-WASHLIYAH PASAR SENEN 1 MEDANT.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7142142007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7142142007 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7142142007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7142142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7142142007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7142142007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7142142007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7142142007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7142142007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7142142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7142142007 TABLE .pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7142142007 TABLE .pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7142142007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7142142007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7142142007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7142142007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7142142007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7142142007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7142142007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7142142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII di SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan T.P. 2018/2019 melalui implementasi kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction dan Time Token. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan T.P. 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 19 norang . Objek penelitian in adalah Implementasi kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction dan Time Token. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantatif. Dari lembar observasi aktivitas siswa diperoleh hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 11 orang siswa (57.90 %) yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk dalam kriteria aktif meningkat menjadi 18 orang siswa (94,74 %). Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre-test 30,27 dengan tidak ada satupun siswa yang tuntas (0 %) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 70,26 dengan siswa tuntas 12 siswa (63,16 %) dan meningkat di hasil post-test siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 81,16 dengan siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (94,74 %). Dapat disimpulkan bahwa implementasi kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Akuntansi Konsinyasi di Kelas XII SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan T.P. 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 AKT 022
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar Akuntansi, KOlaborasi Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Time Token.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:48
Last Modified: 11 Apr 2019 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32784

Actions (login required)

View Item
View Item