PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP DISIPLIN SEKOLAH PADA SISWA KELAS IX SMA SWASTA YP RAKSANA MEDAN T.A 2019/2019

ATMAJAYA, EDYSON (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP DISIPLIN SEKOLAH PADA SISWA KELAS IX SMA SWASTA YP RAKSANA MEDAN T.A 2019/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143151015_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143151015_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143151015_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143151015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143151015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143151015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143151015_BAB I.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1143151015_BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143151015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Disiplin Sekolah Pada Siswa kelas XI SMA Swasta YP Raksana Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Disiplin Sekolah Pada Siswa kelas XI SMA Swasta YP Raksana Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan one pre-test - post-test group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI . Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang siswa kelas XI IPS 2 yang memiliki skor terendah yang telah dibagi angket disiplin sekolah dan akan diberi layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Kemudian data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap disiplin sekolah pada siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor test awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 113,9, standar deviasi = 119.47sedangkan skor (post-test) diperoleh - rata =134,3, standar deviasi = 452,16. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang wilcoxon diperoleh J hitung = 21 sedangkan j tabel = 8. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 10, α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika J hitung > J tanel yaitu Uji Jhitung > Jtabel dimana 21> 8, dari perhitungan ini dapat dilihat pengaruh perlakuan pada kelompok ekperimen artinya pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi penguasaan lebih signifikan (21>8). Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Disiplin Sekolah Pada Siswa kelas XI SMA Swasta YP Raksana Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Nur'aini19596201986092001
Call Number: SK-2018 BK 100
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Diskusi, Disiplin dan Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31375

Actions (login required)

View Item View Item