LINTASAN BELAJAR BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERSEGI PANJANG DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VII SMP SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.A. 2018/2019

AZHARI, ANIN SARASWATI (2018) LINTASAN BELAJAR BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERSEGI PANJANG DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VII SMP SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1_NIM._4141111003_COVER.PDF]
Preview
Other
1_NIM._4141111003_COVER.PDF - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 4141111003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 4141111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 3_NIM._4141111003_ABSTRACT.PDF]
Preview
Other
3_NIM._4141111003_ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 4_NIM._4141111003_PREFACE.PDF]
Preview
Other
4_NIM._4141111003_PREFACE.PDF - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 5_NIM._4141111003_TABLE_OF_CONTENTS.PDF]
Preview
Other
5_NIM._4141111003_TABLE_OF_CONTENTS.PDF - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 6_NIM._4141111003_ILLUSTRATION.PDF]
Preview
Other
6_NIM._4141111003_ILLUSTRATION.PDF - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 7_NIM._4141111003_TABLES.PDF]
Preview
Other
7_NIM._4141111003_TABLES.PDF - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 9_NIM._4141111003_CHAPTER_I.PDF]
Preview
Other
9_NIM._4141111003_CHAPTER_I.PDF - Published Version

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of 13_NIM._4141111003_CHAPTER_V.PDF]
Preview
Other
13_NIM._4141111003_CHAPTER_V.PDF - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of 14_NIM._4141111003_BIBLIOGRAPHY.PDF]
Preview
Other
14_NIM._4141111003_BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version

Download (320kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir
kreatif matematis siswa kelas VII SMP Swasta An-Nizam Medan dengan
penerapan pendekatan metakognitif, untuk mengetahui tahapan proses berpikir
kreatif matematis dan pengetahuan kognitif siswa kelas VII SMP Swasta An-
Nizam Medan dengan penerapan pendekatan metakognitif, dan untuk menemukan
lintasan belajar berpikir kreatif matematis siswa SMP Swasta An-Nizam Medan
melalui penerapan pendekatan metakognitif berdasarkan persfektif teori.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development
research) dengan menggunakan design research (penelitian desain) yang
dilaksanakan dalam 2 uji coba, pada pilot experiment (uji coba 1) subjek
penelitian berjumlah 8 siswa yang diambil dari kelas VII-A dan pada teaching
experiment (uji coba 2) subjek penelitian berjumlah 32 siswa kelas VII-C. Objek
penelitian ini adalah perilaku kreatif siswa dan kegiatan belajar saat proses
pembelajaran matematika di kelas berlangsung dengan penerapan pendekatan
metakognitif pada materi ajar “persegi panjang” Tahun Ajaran 2018/2019. Data
yang diperlukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dengan
pendekatan metakognitif pada pilot experiment (uji coba 1) dan pada teaching
experiment (uji coba 2) sebanyak 5 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data
kemampuan dan tahapan proses berpikir kreatif setelah diujicobakan pada uji coba
1 dan 2 yaitu: pada pilot experiment (uji coba 1) secara klasikal/keseluruhan dari 8
siswa terdapat 3 siswa yang memiliki kriteria sangat kreatif dengan persentase
37,5%, terdapat 4 siswa yang memiliki kriteria kreatif dengan persentase 50% (7
siswa tersebut dengan tahapan proses berpikir kreatif kategori tinggi) dan terdapat
1 siswa yang memiliki kriteria cukup kreatif dengan persentase 12,5% (1 siswa
tersebut dengan tahapan proses berpikir kreatif kategori sedang). Sedangkan pada
teaching experiment (uji coba 2), secara klasikal/keseluruhan dari 32 siswa
terdapat 28 siswa yang memiliki kriteria sangat kreatif dengan persentase 87,5%
dan terdapat 4 siswa yang memiliki kriteria kreatif dengan persentase 12,5% (32
siswa tersebut dengan tahapan proses berpikir kreatif kategori tinggi). Persentase
ketuntasan klasikal pada pilot experiment (uji coba 1) sebesar 87,5%. Persentase
ketuntasan klasikal pada teaching experiment (uji coba 2) sebesar 90,625%. Hasil
uji homogenitas diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 207
Keywords: Lintasan Belajar; Berpikir Kreatif; Pendekatan Metakognitif
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:27
Last Modified: 10 Dec 2018 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31367

Actions (login required)

View Item
View Item