PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 TANJUNGBALAI

Putri, Sri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 815122030 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 815122030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 815122030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 815122030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 815122030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 815122030 TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 815122030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 815122030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 815122030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 815122030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 815122030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar Matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooeperatif tipe STAD dan hasil belajar Matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Langsung, (2) Bagaimana hasil belajar Matematika antara peserta didik dengan Sikap positif tinggi dan hasil belajar peserta didik dengan Sikap Negatif rendah, (3) Apakah terdapat interaksi antara Model Pembelajaran (STAD dan Langsung) dan Sikap dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Tanjungbalai. Sedangkan populasi untuk siswa sebanyak 129 siswa. Sampel Sekolah untuk penelitian adalah SMP Negeri 8. Penelitian diletakkan pada kelasXIII A dan VIII B Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk sampel penelitian adalah 66 siswa, yaitu 34 siswa diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD, dan 32 siswa diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung. Metode penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0.05 dan dilanjutkan dengan Uji Sccheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung, hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitumg > Ftabel. dengan nilai Fhitung 4.19> Ftabel 3.96; (2) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki Sikap Positif tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang memiliki Sikap Negatif Rendah rendah dengan nilai Fhitung = 3.97> Ftabel = 3.96; (3) terdapat interaksi antara Model Pembelajaran dan Sikap dalam memengaruhi hasil belajar Matematika dengan nilai Fhitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari Ftabel (Fhitung = 4.01> Ftabel = 3.96) pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Tipe STAD lebih baik dari pada Model pembelajaran Langsung dalam meningkatkan hasil belajar Maematika siswa. Siswa yang memiliki Sikap Positif tinggi memperoleh hasil belajar Matematika lebih tinggi daripada siswa yang memiliki Sikap Negatif

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMursid, R196607111991031003
UNSPECIFIEDAmpera, Dina196503051989032001
Call Number: 370.15 Put p
Keywords: Hasil Belajar, Sikap, STAD, Langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2018 04:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31265

Actions (login required)

View Item View Item