PENGARUH KONSELING KOGNITIF PERILAKU TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS IX MTS NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 208/2019

MAYANGSARI, ADE PUTRI (2018) PENGARUH KONSELING KOGNITIF PERILAKU TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS IX MTS NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 208/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143151002_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143151002_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143151002_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143151002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143151002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143151002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143151002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143151002_BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143151002_BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143151002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kognitif perilaku teknik restrukturisasi kognitif terhadap kejenuhan belajar pada siswa kelas IX MTs Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Agustus 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pra experiment rancangannya jenis Pre test-post test group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang memiliki kejenuhan belajar di dalam kelas sejumlah 10 orang. Subjek diambil dengan menggunakan screening (penyaringan) dengan karakteristik siswa yang memiliki kejenuhan belajar yang tinggi dari hasil analisis angket. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket kejenuhan belajar berjumlah 40 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 15 dengan  = 0,05, adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 15 > 8. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test diperoleh rata-rata 137, sedangkan data post-test setelah diberikan teknik restrukturisasi kognitif diperoleh rata-rata sebesar 68, selisih antara pretest dan posttest sebesar 69 dan perubahan interval kejenuhan belajar pada siswa setelah diberi teknik restrukturisasi kognitif sebesar 50,36 %. Artinya skor rata-rata siswa yang memiliki kejenuhan belajar setelah mendapat teknik restrukturisasi kognitif lebih rendah dari pada sebelum mendapat teknik restrukturisasi kognitif. Hal ini menunjukkan ada pengaruh teknik restrukturisasi kognitif terhadap kejenuhan belajar pada siswa kelas IX MTs Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 atau hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMS, Nasrun19570514198403101
Call Number: SK-2018 BK 067
Keywords: Konseling Kognitif Perilaku, Teknik Restrukturisasi Kognitif, Kejenuhan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 23 Oct 2018 10:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31089

Actions (login required)

View Item View Item