PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR T.A. 2018/2019

Sitorus, Susiani (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4143111051 COVER_doc.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4143111051 APROVAL SHEET_doc.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4143111051 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4143111051 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4143111051 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4143111051 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4143111051 APPENDICES_docx.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4143111051 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4143111051 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4143111051 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division di kelas VIII SMP Negeri 1 Pematangsiantar T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pematangsiantar dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-6 dan VIII-11 sebanyak 63 orang. Kelas VIII-6 menjadi kelas eksperimen I yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan kelas VIII-11 menjadi kelas eksperimen II yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa essay sebanyak 4 soal pretest dan 4 soal postest dan telah dinyatakan valid. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari analisis data pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest 43,98 sedangkan rata-rata postest 83,67. Pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretest 43,95 sedangkan rata-rata postest 75,08. Dari hasil analisis data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung = 6,932 dan ttabel = 1,999 yang ternyata thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division di kelas VIII SMP Negeri 1 Pematangsiantar T.A 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Asrin19601002 198703 1 004
Call Number: SK-2018 MAT 151
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, creative problem solving, student team achievement division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 22 Oct 2018 16:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31069

Actions (login required)

View Item View Item