PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

SIREGAR, RISA JULIANTI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7131142041 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7131142041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7131142041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7131142041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7131142041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7131142041 TABLES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7131142041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7131142041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7131142041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7131142041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran scaffolding lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 132 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yaitu 54 siswa masing-masing kelas diambil 27 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Tes yang diberikan merupakan tes yang sudah baku yang dikutip penulis dari buku teks sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 diperoleh thitung (4,75) > ttabel (1,676) yang berarti hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran scaffolding ( ̅ = 82,41 dan S = 8,13) lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional ( ̅ = 70,93 dan S = 9,71) pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Call Number: SK-2018 AKT 116
Keywords: Model Pembelajaran Scaffolding, Metode Pembelajaran Konvensional, dan Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 22 Oct 2018 10:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31044

Actions (login required)

View Item View Item