PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II SMA PANCA BUDI MEDAN T.P 2017/2018

HARAHAP, PUTRI ALKHASMI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II SMA PANCA BUDI MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4141121051 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4141121051 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4141121051 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4141121051 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4141121051 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4141121051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4141121051 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4141121051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4141121051 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4141121051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4141121051 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4141121051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4141121051 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4141121051 TABLES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4141121051 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4141121051 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4141121051 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4141121051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4141121051 CHAPTERS V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4141121051 CHAPTERS V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4141121051 BIBLIOGRHAPY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4141121051 BIBLIOGRHAPY.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls kelas X Semester II SMA Panca Budi Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas X semester II SMA Panca Budi Medan yang terdiri dari sepuluh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Kelas X MIA 2 menggunakan model pembelajaran Induktif dan kelas X MIA 3 menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 item. Diperoleh hasil postes dengan rata-rata kelas eksperimen 71,71 dan kelas kontrol 61,43. Berdasarkan uji t diperoleh th > tt yaitu 3,969>1,997. Menunjukkan adanya pengaruh akibat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran pembelajaran Induktif lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi pokok momentum dan Impuls di kelas X SMA Panca Budi Medan T.P. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 156
Keywords: Quasi Eksperimen, Induktif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Oct 2018 09:39
Last Modified: 14 Feb 2019 02:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30961

Actions (login required)

View Item
View Item