PENGARUH PETA KONSEP BERBANTUAN MICROSOFT VISIO TERINTEGRASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP

Efil,, Jemi Putria (2018) PENGARUH PETA KONSEP BERBANTUAN MICROSOFT VISIO TERINTEGRASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166172031 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166172031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166172031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166172031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166172031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166172031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166172031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166172031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166172031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166172031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran peta konsep berbantuan Microsoft Visio terintegrasi pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Ulum Medan terhadap 69 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII (delapan) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes PAM, tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan angket kecerdasan emosional siswa. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data kemampuan pemahaman konsep matematis dan data angket kecerdasan emosional siswa dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran peta konsep berbantuan Microsoft Visio terintegrasi pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran peta konsep berbantuan Microsoft Visio terintegrasi pembelajaran kooperatif terhadap kecerdasan emosional siswa SMP. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan PAM siswa dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal matematika siswa dalam mempengaruhi kecerdasan emosional siswa SMP. Temuan penelitian merekomendasikan bahwa model pembelajaran peta konsep berbantuan Microsoft Visio terintegrasi pembelajaran kooperatif dapat digunakan di kelas untuk mencapai pemahaman konsep matematis dan kecerdasan emosional siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Thesis advisorSitompul, Pardomuan196911261997021001
Call Number: 519.4 Efi p
Keywords: Model Pembelajaran Peta Konsep, Microsoft Visio, Terintegrasi Pembelajaran Kooperatif, Pemahaman Konsep, Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Aug 2018 02:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30877

Actions (login required)

View Item View Item