PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 060827 MEDAN AMPLAS

Rambe, Juli Asmida (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 060827 MEDAN AMPLAS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156181010 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156181010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156181010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156181010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156181010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156181010 TABLES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156181010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156181010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156181010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156181010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156181010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis discovery learning yang meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa dan buku ajar dan dari penelitian ini untuk mengetahui:1) validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa,2)Untuk mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa,3)Untuk mengetahui keefektifan dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning.Perangkat yang dikembangkan terdiri dari RPP , buku ajar dan LAS. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060827 Medan Amplas yang berjumlah 25 siswa.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap , yaitu : define, develop, disseminat.Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid baik dari segi isi maupun konstruk,2) perangkat yang dikembangkan praktis digunakan,3)perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dilihat dari ketercapaian ketuntsan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik,4) adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari uji coba I sebesar 74,25 menjadi 80,33 pada uji coba II Hasil. Dari data yang telah diperoleh menunjukkan bahawa perangkat pembelajaran berbasis discovery learning pada materi pecahan di kelas V SD Negeri 060827 Medan Amplas adalah praktis dan efektif.untuk kemampuan berpikir kreatif siswa telah terjadi peningkatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorYusnadi, 196101091987031003
Call Number: 371.3 Ram p
Keywords: Perangkat pembelajaran, discovery learning, Kemampuan berpikir kreatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 May 2018 07:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30484

Actions (login required)

View Item View Item