PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIK SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DI SMP NEGERI 8 MEDAN

Lubis, Nuranisah (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIK SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DI SMP NEGERI 8 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146171062 Cover Tesis.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146171062 Lembar Pengesahan Tesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146171062 Abstrak.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146171062 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146271062 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146171062 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146171062 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146171062 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146171062 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146171062 Bab V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 8146171062 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran metakognitif lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) Apakah peningkatan kemandirian belajar matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran metakognitif lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (3) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran metakognitif dengan kemampuan awal matematik (KAM) siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, (4) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran metakognitif dengan kemampuan awal matematis (KAM) siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Medan TP. 2016/2017, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran metakognitif dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) test kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) angket kemandirian belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan metakognitif lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. (2) Peningkatan kemandirian belajar matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan metakognitif lebih baik daripada peningkatan kemandirian belajar siswa dengan pembelajaran biasa. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran deng

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisorFauzi, Kms.M.Amin196406291993031001
Call Number: 518.071 2 Lub p
Keywords: Pembelajaran Metakognitif, Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29548

Actions (login required)

View Item View Item