PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP SWASTA RANTAU KUALASIMPANG

Aprilianto, Candra (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP SWASTA RANTAU KUALASIMPANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136172013 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136172013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136172013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136172013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136172013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136172013 TABLES.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136172013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136172013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8136172013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136172013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh Pendekatan (SAVI) terhadap kemampuan komunikasi matematis, keterampilan sosial, dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan SAVI dan pengajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Dharma Patra. Jenis penelitian adalah pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes KAM, tes kemampuan komunikasi matematis, angket keterampilan sosial. Data dianalisis melalui uji ANAVA dua jalur. Sebelum uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas data pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tes komunikasi matematis kelas eksperimen adalah 10,9 dan kelas kontrol adalah 9,4 dengan nilai sig = 0, dengan 0 < α = 0,05 maka kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan (SAVI) lebih tinggi daripada yang diajar melalui pengajaran langsung. Keterampilan sosial siswa eksperimen dan kontrol adalah 131,61 dan 118,82 dengan 0 < α = 0,05 maka keterampilan sosial siswa yang diajar dengan Pendekatan (SAVI) lebih tinggi daripada yang diajar melalui pengajaran langsung. Nilai signifikan komunikasi matematis dan keterampilan sosial siswa sebesar 0,000, karena 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan komunikasi matematis dan keterampilan sosial siswa yang diberikan pendekatan pembelajaran SAVI dan pengajaran langsung. Kadar aktivitas aktif siswa telah memenuhi waktu persentase ideal yang ditetapkan dalam bab III. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengaruh pendekatan SAVI terhadap kemampuan komunikasi matematis dan keterampilan sosial siswa lebih baik daripada pengajaran langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Thesis advisorManullang, Martua195205171977021001
Call Number: 519.207 12 Apr p
Keywords: Pendekatan pembelajaran (SAVI), komunikasi matematis, keterampilan sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Mar 2018 04:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29401

Actions (login required)

View Item View Item