PERBANDINGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN PENEMUAN TERBIMBING

Nasution, Irda Wahidah (2017) PERBANDINGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN PENEMUAN TERBIMBING. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 Nim 8156174009 Cover.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Nim 8156174009 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Nim 8156174009 Abstract.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Nim 8156174009 Acknowledment.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Nim 8156174009 Table of Content.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Nim 8156174009 List of Table.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Nim 8156174009 List of Figures.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Nim 8156174009 Appendices.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 Nim 8156174009 Chapter I.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 Nim 8156174009 Chapter V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 Nim 8156174009 References.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan metakognitif dan kemampuan menulis ilmiah siswa pada materi ekosistem dalam kajian pembelajaran biologi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dan penemuan terbimbing (GD) di kelas X MAS Al-Wasliyah. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen sebagai kontrol pretes-postes non ekuivalen grup desain. Sampel penelitian ditentukan secara cluster random sampling. Kelas X-A dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek, dan kelas X-B dibelajarkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes hasil keterampilan metakognitif dengan menggunakan angket, dan tes essay untuk kemampuan menulis ilmiah siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan keterampilan metakognitif yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dan penemuan terbimbing (thit = 2,05; P = 0,04) dan ada juga perbedaan yang signifikan kemampuan menulis ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan model berbasis proyek dan penemuan terbimbing (thit = 2,211; P = 0,03). Hasil penelitian menunjukkan implementasi dari model pembelajaran berbasis proyek pada materi ekosistem dalam proses pembelajaran biologi dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan kemampuan menulis ilmiah siswa Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManurung, Binari196404041989031006
Thesis advisorGultom, Tumiur196807162005012001
Call Number: 57 Nas p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Penemuan Terbimbing, Keterampilan Metakognitif, Kemampuan Menulis Ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2018 08:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29319

Actions (login required)

View Item View Item